Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Optimasi SEO Youtube dengan Mudah Bagi Pemula

Tidak jauh berbeda dengan Google, di Youtube Anda juga harus mengoptimasi search engine agar memenangkan posisi nomor satu dalam pencarian. Cara optimasi SEO youtube juga bisa dibilang susah-susah gampang.

Youtube sendiri adalah aplikasi yang digunakan untuk promosi, branding menggunakan media visual video. Selain itu, platform ini digunakan oleh kebanyakan orang untuk menambah penghasilan lewat view dan iklan yang ditampilkan.

Jika Anda sudah berkecimpung di dalam dunia youtube, tenang saja. Berikut akan kami paparkan secara lengkap langkah optimasi SEO youtube. Simak artikel ini sampai akhir ya.

Cara Optimasi SEO Youtube dengan Mudah

1. Riset keyword terlebih dahulu

Dalam panduan SEO youtube juga ada yang namanya riset keyword atau kata kunci. Sama seperti pada website, di youtube Anda harus menempatkan kata kunci dengan kerapatan tertentu. Mulai dari kata kunci utama, turunan hingga LSI.

5 Cara Optimasi SEO Youtube dengan Mudah Bagi Pemula

Kata kunci pada youtube menentukan posisi yang Anda buat. Contohnya kata kunci “memakai baju”. Kata kunci ini tentu sangat umum dan memiliki persaingan yang ketat. Bisa berada pada peringkat atas akan lebih mudah jika memiliki view dan pengikut banyak. 

2. Carilah kata kunci yang sesuai niche

Jika Anda ingin serius dalam membangun youtube, hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah niche youtube. Niche sama halnya sebuah tema. Pilihlah tema yang paling Anda suka dan dikuasai agar dalam proses mengerjakan terasa lebih mudah.

Beberapa niche yang bisa Anda pilih yaitu kesehatan, kecantikan, parenting, otomotif, dan teknologi. Jika Anda memilih niche kecantikan, Anda bisa menggunakan keyword seputar kecantikan misalnya tips make up, skincare ampuh, cara mengatasi jerawat, dan lain sebagainya.

Kata kunci ini sangat penting, apalagi bagi Anda yang baru membangun youtube. Kalau sudah lama dan memiliki pengikut setia, Anda bebas akan mengunggah video seperti apa. Asalkan tetap bermanfaat dan melanggar ketentuan youtube.

Sementara itu, jika Anda ingin melihat kata kunci beserta turunannya, Anda bisa menggunakan Google trends. 

3. Mengikuti tren 

Cara optimasi SEO youtube berikutnya adalah mengikuti tren. Coba analisis konten apa yang sedang tranding di youtube. Misalnya tentang review skincare XYZ, dari sana Anda bisa meniru untuk membuat konten yang serupa. Namun, pastikan tidak plagiat ya. Buatlah video dengan sudut pandang berbeda dan sekreatif mungkin.

Selain itu, untuk melihat tren pada youtube. Anda bisa menggunakan fitur autocomplete yang ada di kolom pencarian. 

4. Bisa gunakan kata kunci di Google

Menurut penelitian, sekitar 20-40 persen trafik youtube berasal dari pencarian organik Google. Mengingat peluang yang besar, Anda juga bisa menggunakan kata kunci yang sering digunakan asal sesuai dengan niche Anda.

5. Buat video dengan kualitas yang baik

Algoritma Google dan Youtube terkenal sulit dan gampang berubah. Dalam pencarian youtube, video yang muncul pada peringkat atas biasanya dianggap paling sesuai dan relevan dengan kata kunci. 

Namun, sebelum melakukan riset kata kunci. Ada baiknya Anda juga mempertimbangkan kualitas video. Memperbaiki kualitas video bisa mulai dari editing, orisinalitas video, durasi (Pastikan durasi video Anda diatas 5 menit). Selanjutnya buatlah thumnail yang menarik dan selalu pertimbangkan selera penonton.

Nah, itu dia cara optimasi SEO youtube yang bisa Anda tiru agar menjadi youtuber yang sukses. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "5 Cara Optimasi SEO Youtube dengan Mudah Bagi Pemula"